Defensive Driving Coaching Clinic Bersama Kawan Lama, IDDC, dan FK3O

14 Des

Sumber http://www.bic.or.id

Acara ini berlangsung pada Sabtu, 5 Desember 2009 atas kerjasama Kawan Lama selaku pemrakarsa acara, IDDC (Indonesia Defensive Driving Center) selaku nara sumber, dan FK3O (Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif) selaku pendukung.
Tujuan digelarnya acara ini adalah demi meningkatkan kesadaran akan keselamatan dalam berkendara dan mengemudikan kendaraan di jalan serta bagi para pengguna lainnya. Pada awalnya kegiatan ini direncanakan akan adanya praktik, namun karena kondisi yg tidak memungkinkan maka kegiatan praktik tidak jadi dilaksanakan.

Acara dimulai sekitar pukul 9.00 setelah sebelumnya sarapan roti yg disediakan oleh pemrakarsa acara. Acara ini diawali dg perkenalan tentang Kawan Lama, promosi dari salah satu produk, dan selingi dengan berbagai permainan dg hadiah menarik yg disediakan oleh para sponsor. Kemudian acara dilanjutkan dg presentasi dari IDDC dg banyak menunjukkan video atau gambar-gambar kejadian kecelakaan, dari yg halus, lucu, hingga menyeramkan.

Contoh video yg halus adalah seperti video dari persimpangan traffic light dg menampilkan kecelakaan antara sepeda motor dengan mobil, dan si pengendara sepeda motor langsung seketika itu juga dapat bangun dan berjalan tanpa ada rasa sakit sedikitpun meskipun sepeda motornya hancur lebur sambil memaki-maki pengemudi mobil yang turun terbengong-bengong.

Contoh video yg lucu yaitu tentang penggunaan sabuk keselamatan. Pada video tsb ditampilkan 1 orang pengemudi dan 1 orang penumpang mobil yg menabrak sebuah pohon besar, salah satu dari kedua orang tersebut menggunakan sabuk keselamatan dan satu lagi tidak menggunakan. Jiwa yg tidak menggunakan sabuk keselamatan melayang dengan mudahnya ke alam berikutnya sedangkan jiwa milik pengguna sabuk keselamatan kesulitan melepaskan dirinya dari sabuk pengaman, alhasil pengguna sabuk keselamatan tersebut hidup kembali.

Sedangkan visualisasi yg menyeramkan adalah karena menampilkan banyak darah yg bertebaran, atau organ tubuh yg tidak jelas letaknya karena terjadinya kecelakaan. Selain itu masih banyak lagi visualisasi yg lainnya yg menunjukkan bahwa efek dari kecerobohan pengemudi dapat mengakibatkan orang lain celaka, bahkan bagi yg tidak berkendara sekalipun.

Pada sesi ini pula dijelaskan perbedaan “defensive driving” dengan “safety driving”. Secara umum defensive driving lebih mengarah pada kesadaran diri akan pentingnya keselamatan di jalanan, sedangkan safety driving berfokus pada kemampuan teknis pengemudi/pengendara di jalan raya.

Beberapa hal yg harus dilakukan sebelum dan ketika mengemudi adalah sbb.

  • Sebelum pengemudi memutuskan untuk mengemudikan kendaraannya pengemudi sebaiknya mempertimbangkan
  • Kondisi diri (Apakah dalam pengaruh obat atau emosi tinggi? dsb.)
  • Karakter/Perilaku (Perilaku mudah marah jika dipanas-panasi di jalan)
  • Kendaraan (Laik jalan atau tidak)

Perilaku di jalan dibagi menjadi 4 yaitu

  • Aggresive (Berisiko tinggi)
  • Basic (Persoalan keamanan)
  • Safety (Pengendalian diri)
  • Defensive (Tanggung jawab sosial)

Kendaraan sebelum dijalankan wajib melakukan cek POWER yaitu

  • P etrol
  • O il
  • W ater
  • E lectrical
  • R ubber

Pengemudi di jalan raya diharapkan menerapkan 4A selama mengemudi. Keempat A tersebut adalah

  • Alertness (Kewaspadaan)
  • Awareness (Kepedulian)
  • Attitude (Perilaku)
  • Anticipation (Antisipasi).

Presentasi dari IDDC tersebut diselingi dengan ISHOMA dan permainan yg diikuti oleh perwakilan setiap klub. Di akhir acara diadakan penarikan doorprize untuk mendapatkan hadiah juga dari sponsor. Setelah acara di dalam ruangan selesai, acara dilanjutkan di luar ruangan yaitu demo pencucian dan demo salon mobil.

Keep Safety, Drive Safely, Be Defensive Driver, Respect Others.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: