Defensive Driving Tips 3 dari 10

8 Agu

Pengemudi yg defensif harus mampun megemudikan kendaraannya dengan tenang (tidak tegang) dan mampu mengantisipasi situasi kondisi lalu lintas di depannya sesuai dg filosofi Defensive Driving yaitu “Selalu berpikir jauh ke depan dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan risiko yang terjadi”

Kunci untuk menjadi pengemudi yg defensif harus memehuni 4A sbb.

* Awareness (Kesadaran)
* Alertness (Kewaspadaan)
* Attitude (Sikap mental)
* Anticipation (Reaksi)

Seorang pengemudi yg defensif harus bersifat sbb.

ALTRUISTIC (Rendah hati): Sifat mementingkan kepentingan orang banyak dan bersifat pemaaf

* Tidak egois, padat bersikap adil thd pengguna jalan lain dan memberi hak yang sama
* Selalu waspada terhadap kemungkinan kesalahan yang disebabkan oleh pengguna jalan lain
* Takut menyebabkan celaka thd orang lain dan kerusakan thd barang
* Selalu menerapkan cara2 mengemudi yg aman dan benar

KINDNESS (Baik hati): Mau bekerja sama dengan pengguna jalan lain

* Mengemudi denga bersikap santai
* Dapat mempertahankan suasana hati yg positif
* Selalu berpikiran positif dan selalu membuat alasan yang masuk akal terhadap cara2 mengemudi pengguna jalan lain

CALMNESS (Tenang): Santai dan tidak tegang

* Selalu tenang dan menghindari setiap provokasi oleh pengguna jalan lain
* Selalu menganalisis situasi jalan terhadap apa yg sedang terjadi
* Selalu mengemudi berdasarkan standar keselamatan yang berlaku
* Sopan dalam mengemudi dan selalu dapat mengontrol emosi

SOCIAL RESPONSIBILITY (Tg jawab sosial): Kontrol emosi & berbagi hak

* Mempunyai tanggung jawab sosial yang besar
* Mau berbagi hak dengan pengguna jalan yg lain
* Dapat mengontrol emosi dengan baik dan tidak mudah terprovokasi
* Berbudaya keselamatan (Safety Culture)

Untuk menjadi pengemudi yg defensif diperlukan respon yg baik dari pengemudi dan untuk dapat merespon kondisi yang ada, posisi mengemudi, posisi duduk, dan posisi tangan pada roda kemudi sangat menjadi sangat penting. Berikut yg perlu diperhatikan dalam posisi2 tersebut.

Posisi Mengemudi
Posisi ini memperhatikan 3 aspek yaitu 3C (Comfort, Communication, Control)

* Comfort; dalam posisi yg nyaman, diharapkan tubuh tidak cepat letih (fatique) sehingga konsentrasi tetap maksimal
* Communication; pengemudi mendapatkan daya pandang terbaik dan mampu berkomunikasi dg kendaraan dan dengan lingkungan sekitarnya sehingga aspek ‘seen and be seen’ terpenuhi
* Control; Pengemudi tanggap mencermati kondisi lingkungan sekitar. Cepat mengambil tindakan, tepat mengantisipasi kemungkinan bahaya.

Posisi Duduk

* Sandarkan punggung benar2 menempel di sandaran kursi hingga pangkal tulang belakang, Posisikan pergelangan tangan pada roda kemudi dg arah jam 12 lalu turunkan ke posisi jam 9 dan jam 3.
* Jika ada tilt steering, atur roda kemudi menghadap dada, beri jarak 10 inci agar kantung udara yg mengembang tepat melindungi dada dan kepala
* Atur posisi kaki thd pedal2. Tempatkan tumit kaki kanan di antara pedal gas dan pedal rem untuk mempercepat reaksi
* Sesuaikan posisi head restraint (sebatas teling), sehingga dapat melindungi bagian kepala dan cidera pada bagian leher jika terjadi benturan dari depan maupun belakang
* Sesuaikan seluruh spion dg meminimalisasi blindspot

Posisi Tangan

* Posisikan tangan pada kemudi pada jam 9 dan jam 3 agar aman dari ledakan kantung udara dan kantung udara dapat mengembang sempurna
* Dapat menyalakan sein atau wiper dg jari bukan dg tangan
* Mendapatkan kontrol kendaraan yg lebih baik
* Ibu jari jangan masuk ke dalam roda kemudi, karena apabila kendaraan terantuk sesuatu (trotoar, balok, tanggul) akan mengakibatkan roda kemudi berputar sangat cepat dan berpotensi mencederai pergelangan dan jari tangan.

Sumber: Ford DSFL Handbook oleh IDDC, disesuaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: