Sam Poo Kong yang Mengecewakan

16 Mar

Seusai mendampingi mahasiswa Akademi Pimpinan Perusahaan Program Studi Perdagangan Internasional yang telah melaksanakan kunjungan ke PT. Pelindo 3 dan Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Emas Semarang tujuan perjalanan selanjutnya adalah ke kuil Sam Poo Kong sebagai tempat petilasan Laksamana Cheng Ho dan merupakan salah satu ciri khas Semarang selain Tugu Muda, Lawang Sewu, dsb.

Ternyata tiket masuknya murah meriah untuk warga Indonesia yaitu Rp3.000, sedangkan untuk warga asing memang jauh lebih mahal yaitu Rp10.000. Wah alangkah murahnya untuk mengenal sejarah dan agar dapat mengetahui perkembangan Islam yang dibawa oleh Laksamana Cheng Ho serta mengenal bagaimana toleransi beragama yang dilaksanakan oleh sang Laksamana.

Ternyata…..
Tiga ribu rupiah tersebut hanya untuk di area pelataran kuil, untuk masuk ke area kuil khusus yang akan bersembahyang dan dikenakan tiket masuk Rp20.000… WHATT…????

Sam Poo Kong berarti Gua Batu dan gua batu ini adanya di area kuil, selain itu di area kuil juga terdapat relief yang menceritakan tentang Laksamana Cheng Ho, jadi apakah yang boleh tau tentang gua batu ini dan cerita/sejarah Laksamana Cheng Ho bersama peninggalannya hanya orang-orang tertentu yang punya niat beribadah di situ dan membayar sebesar Rp20.000..?!?!?

Laksamana Cheng Ho adalah muslim kemudian tentunya jika ini adalah petilasannya beliau pun juga sholat di sini, tapi ternyata fasilitas sholat di area ini tidak ada dan benar2 hanya kuil untuk beribadah untuk agama Tao maupun Kong Hu Cu, padahal harapannya dengan mengunjungi kuil Sam Poo Kong ini akan melihat suatu tempat yang dapat digunakan sebagai tempat beribadah agama Tao atau Kong Hu Cu bersama-sama dengan Islam sehingga terlihat bentuk toleransi beragama yang baik.

Apakah Tiongkok selalu Tao dan Kong Hu Cu…??!?!? Islam masuk ke Indonesia salah satunya adalah dari Tiongkok terutama penyebaran di daerah timur Indonesia. Sunan Ampel pun juga orang Tiongkok dengan nama aslinya Bong Swie Ho.

Jadi benarkah kuil Sam Poo Kong ini untuk mengenang dan menghormati Laksamana Cheng Ho..??

referensi
http://www.suaramerdeka.com/harian/0508/02/opi3.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Cheng_Ho
http://id.wikipedia.org/wiki/Kuil_Sam_Poo_Kong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: